9 Maret 2016 Akan Terjadi Gerhana Matahari Total Di Indonesia

----iklan---

Pada 9 Maret mendatang, Anda yang tinggal di beberapa kota tanah air bisa menikmati pemandangan spektakuler, gerhana Matahari total. Untuk amannya, Anda yang ingin melihat seluruh gerhana total ini memang lebih baik menggunakan kaca mata khusus gerhana.


Namun menurut Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin, kita bisa melihat langsung gerhana Matahari, tanpa merusak mata, asal tidak terlalu lama. Pada saat fase total yang hanya sekitar 1,5 hingga 3 menit, kata Thomas, kita bisa melihat langsung, tanpa alat.

"Nikmati keindahan korona matahari yang cahayanya sangat lembut," jelas Thomas dalam akun Facebook-nya yang terverifikasi, baru-baru ini.

Sementara sebagian proses gerhana Matahari lainnya hanya dapat diamati beberapa detik saja--sekadar untuk melihat perkembangannya. "Jangan lama-lama dan jangan pula terlalu sering, karena perubahannya cukup lambat dan proses gerhana cukup lama sekitar 2 jam," jelasnya.

Thomas juga memberikan beberapa alternatif pengamatan gerhana Matahari sebagian yang Anda lakukan:

1. Dengan kacamata gerhana (kalau ada).
2. Dengan kacamata las (membantu mengurangi silaunya matahari, cukup beberapa detik saja).
3. Dengan kacamata hitam (membantu mengurangi silaunya matahari, cukup beberapa detik saja).
4. Dengan peredup cahaya lainnya seperti bekas disket, bagian hitam foto rongent, atau film hitam-putih yang telah dicuci secara fotografi (membantu mengurangi silaunya matahari, cukup beberapa detik saja).
4. Dengan proyeksi lubang kertas. Ini cara aman, namun tidak langsung melihat Mataharinya.
5. Dengan pantulan air (cara tradisional untuk mengurangi silaunya Matahari, cukup beberapa detik saja). 


Sumber : Money.id
---iklan---
Tag : Berita, Nasional
---iklan---
0 Komentar untuk "9 Maret 2016 Akan Terjadi Gerhana Matahari Total Di Indonesia"

Back To Top