Dianggap Sudah Meninggal & Dikubur, Kakek ini Kembali ke Rumah

----iklan---

Warga Suryoputran, Kecamatan Kraton, Yogyakarta, digegerkan dengan kemunculan kakek yang dianggap sudah meninggal. 

Kakek bernama Wahluya, 62, itu tiba-tiba pulang rumahnya. Padahal, setahun lalu kakek ini sudah dianggap meninggal dan sudah dikuburkan di desa kelahirannya di Suran, Bantul.

Istri Wahluya, Alim Saktinah, 64, menceritakan, setahun lalu sekitar Agustus 2014, suaminya tiba-tiba menghilang. Ia pamit hendak bekerja menarik becak. Keluarga tak cemas karena Wahluya sudah sering tak pulang ke rumah. Namun, setelah beberapa bulan tak ada kabar, keluarga akhirnya mencari.

"Bapa tak punya ponsel. Anak saya berusaha mencari bapak ke mana-mana karena dia mau nikah. Bapa mau jadi wali nikah," tutur Alim, di rumahnya, Selasa (2/8/2016).

Mei 2015, anak bungsunya Anti Ristanti, 32, mendapat info berupa foto melalui grup media sosial Facebook kalau ada seorang pria yang terluka parah di Gunung kidul. Di foto itu, pria tanpa identitas yang tengah dirawat di RS Nurrohmah karena tertabrak mobil, sangat mirip dengan sang ayah.

"Saya dan keluarga langsung datang ke sana. Ciri-ciri fisiknya mirip banget. Botak depannya sama, kulitnya sama. Lalu kami pindahkan dia ke RS Sadrjito. Bapa koma dan tak bisa bicara. Keluarga banyak yang jenguk dan tak ragu kalau itu bapak," kata Anti.

Enam hari kemudian, pria yang diduga sang ayah meninggal dan dimakamkan di Bantul. Keluarga pun ikhlas melepas kepergiannya dan dan sudah mengurus surat kematian.

Namun, pagi tadi sekitar pukul 08.00 WIB, Anti mendengar ketukan pintu dan mendengar suara ayahnya. Ia kaget dan takut karena berpikir sang ayah bangkit dari kubur.

Anti sempat tak mau membuka pintu karena ketakutan. Tetangga yang mendengar suara Wahluya gempar dan segera datang memastikan kehadiran pria berkulit sawo matang ini.

"Tetangga berdatangan memastikan apa benar ini Bapak. Mereka ngetes bapak apa kenal sama mereka. Tanya-tanya soal lain juga. Ternyata kenal. Akhirnya saya berani buka pintu," kata Anti.


Keluarga dan kerabat pun datang satu per satu keluar untuk memastikan keadaan dan melepas kangen dengan Wahluya. Sampai-sampai rumah Anti sesak dengan kedatangan warga. Bahkan, polisi juga datang memastikan kembalinya Wahluya.


Wahluya berkisah, selama menghilang, ia pergi ke Semarang untuk mencari tambah uang. Di Semarang ia sempat menggelandang dan akhirnya bekerja sebagai tukang sapu. Awal Juli 2016 temannya meminta ia pulang ke rumah.

"Saya tak bawa KTP karena ditinggal di tempat sewa becak saya bersama becak. Saya lalu pulang ke rumah jalan kaki. Begitu tiba di rumah, saya heran anak saya dan tetangga kok takut sama saya.
Mereka terus memandang kaki saya," kata pria humoris ini sambil tertawa.

Pelan-pelan keluarga dan kerabat yang datang menceritakan kejadian misterius itu padanya sambil menunjukkan foto pria yang diduga dirinya. Wahluya pun kaget karena pria itu sangat mirip dengan dirinya. Namun, ia tak tahu siapa dia.

"Saya sudah tanya keluarga. Saya tak punya saudara kembar. Saya juga baik-baik saja," ujar Wahluya.

Walau sempat takut, keluarga dan kerabat bahagia Wahluya "hidup" kembali. Kini keluarga tengah mengurus surat kematian dan kartu keluarga yang salah. Juga hendak mengambil KTP Wahluya di tempat penyewaan becak.

sumber : metro
---iklan---
Tag : Peristiwa
---iklan---
0 Komentar untuk "Dianggap Sudah Meninggal & Dikubur, Kakek ini Kembali ke Rumah"

Back To Top